SD Mugu Terpilih Menjadi Sekolah Rujukan Nasional


sekolah dasar

Suryagemilangnews.com, Muntilan. Kabar gembira datang dari SD Muhammadiyah Gunung Pring Muntilan. Sekolah tersebut baru saja terpilih sebagai Sekolah Dasar Rujukan Berbasis Sekolah Swasta oleh Kemendikbud. Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Sekolah Aris Harjanto kepada redaksi Suryagemilangnews.com.

sekolah kita
Poster promosi SD Muhammadiyah Gunungpring

Aris Harjanto menyampaikan bahwa sekolahnya di visitasi oleh tim Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud pada hari Rabu, 25 Juli 2018 untuk dilakukan penilaian terhadap kelayakan menjadi sekolah rujukan. Aspek-aspek yang dinilai saat visitasi antara lain akademis, kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, prestasi dan sarana prasarana. Semua aspek tersebut mencerminkan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan seperti yang ditetapkan undang-undang.

Setelah dinyatakan terpilih, Aris mengatakan pihaknya menerima surat undangan dari Kemendikbud tertanggal 12 September 2018 untuk mengikuti Semiloka Pengembangan Sekolah Dasar Rujukan Berbasis Sekolah Swasta tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-22 September di Surakarta bersama 45 sekolah dasar lain dari seluruh Indonesia .

“Semoga dengan terpilihnya SD Muhammadiyah Gunungpring menjadi salah satu sekolah rujukan nasional dapat menambah semangat kami dalam mengemban amanah mendidik calon-calon penerus bangsa” kata Aris. Lebih lanjut Aris menyampaikan juga dengan prestasi ini pihaknya berkeinginan untuk dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap para siswa, orang tua/wali siswa dan masyarakat lingkungan sekitar.

SD Muhammadiyah Gunung Pring adalah salah satu SD Muhammadiyah yang sarat prestasi, terakhir sekolah ini meraih prestasi dalam lomba Robot Line Tracer, Musabaqoh Tilawatul Qur’an dan silat Tapak Suci dalam even Olimpiade Ahmad Dahlan (Olimpycad) tingkat propinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Purwokerto bulan Agustus lalu.

sekolah kita
Siswa SD Muhammadiyah Gunungpring meraih prestasi di Olimpycad tingkat Jawa Tengah

Terkait prestasi-prestasi yang telah diraih, Aris mengatakan, “Pemenuhan 8 standar nasional pendidikan dan standar Al Islam Kemuhammadiyahan menjadi penting sekali untuk peningkatan mutu akademis maupun non akademis yang dilaksanakan SD Muhammadiyah Gunungpring. Semoga sekolah ini dapat membantu menularkan berbagai macam kebaikan ke sekolah lain sehingga dapat maju dan sukses bersama”.

Sementara itu Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Magelang Tohirin saat dihubungi terkait prestasi yang diraih SD Muhammadiyah Gunungpring mengungkapkan rasa syukur dan memberi ucapan selamat atas prestasi yang diraih. “Terima kasih atas kerja keras dan kesungguhan semua civitas akademika SD Muhamamdiyah Gunungpring, karena prestasi itu tidak datang tiba-tiba tapi melalui proses yang panjang. Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Magelang berharap prestasi yang telah diraih menjadi virus positif dan penyemangat bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah lainnya”, imbuhnya.(jap)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *