Perjuangan Rizka Rahmawati Masuk Tim Popwil Pencak Silat Jawa Tengah


tapak suci putera muhammadiyah

Suryagemilangnews.com, Muntilan. Seorang siswi SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dan atlet Tapak Suci Kabupaten Magelang, Rizka Rahmawati terpilih menjadi salah satu anggota tim pencak silat Pekan Olah Raga Pelajar Wilayah (Popwil)  Jawa Tengah dalam Kejuaraan Silat Propinsi Jawa Tengah dan sekaligus seleksi tim Popwil Jateng yang diselenggarakan di Padepokan Pencak Silat Jawa Tengah di Kartosuro, Sukoharjo tanggal 18-19 September lalu.

tapak suci putera muhammadiyah
Rizka Rahmawati

Rizka yang saat ini masih duduk di bangku kelas X turun di pertandingan kelas A SMA 39-43 Kg dan berhasil menang setelah mengalahkan lawan-lawannya dari Blora, Solo dan Klaten. Dalam keterangannya saat dihubungi redaksi Suryagemilangnews.com, Rizka menyampaikan bahwa dirinya dulu waktu SMP pernah menyabet medali emas pencak silat Popda Jateng dan turun di kelas D putri, oleh karena itu kemudian diundang untuk mengikuti kejuaraan silat tingkat propinsi Jawa Tengah tersebut.

Tidak mudah bagi Rizka Rahmawati untuk berjuang meraih kemenangan dalam kejurprov tersebut. “Sebelum pemberitahuan seleksi itu, saya mengalami cidera kaki dan tangan. Sudah berusaha mengobati dengan pijit ke sana kemari, namun malah tambah parah. Saya sudah hampir menyerah”, tutur Rizka. Pemberitahuan untuk mengikuti seleksi tersebut waktunya seminggu sebelum pelaksanaan kejurprov di Kartosuro, inilah yang sempat membuat Rizka berkecil hati untuk bisa mengikutinya.

“Meski sempat mau menyerah, namun saya tetap ingin mengikuti kejuaraan tersebut, setelah dipijit lagi alhamdulillah cidera kaki saya mulai membaik. Namun H-2 sebelum pertandingan saya justru mengalami demam, radang dan batuk pilek, bahkan saya latihan dalam kondisi tensi darah drop 90/60”, sambung Rizka.

Selasa pagi tanggal 18 September 2018 Rizka berangkat ke Kartosuro, Sukoharjo namun di perjalanan dia mengalami muntah-muntah dan itu membuat badannya terasa lemas. Beruntung saat sesi malam tidak turun untuk tanding sehingga bisa istirahat dan pertandingan pertamanya baru dijalani keesokan harinya. “Sewaktu bertanding melawan atlit dari Klaten, itu pertandingan paling berat bagi saya karena badan saya lemas sekali”, tuturnya. Namun atas kehendak Alloh SWT ternyata Rizka akhirnya dapat memenangkan pertandingan dan terpilih sebagai juara serta masuk dalam tim popwil Jawa Tengah tahun 2018. (jap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *