Muhammadiyah Selalu Menjaga NKRI


Pemuda Muhammadiyah Magelang

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Magelang melalui bidang Dakwah melaksanakan pengajian di sekretariat PCM Grabag, Sabtu (4/8/2018). Pengajian ini dilaksanakan secara berkala setiap 2 bulan sekali dan dilaksanakan secara bergilir dari cabang ke cabang, bertindak selaku pemateri adalah Ketua PDM Kabupaten Magelang Drs. Jumari.

Pengajian tersebut menjadi istimewa karena dilaksanakan juga pelantikan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Grabag oleh Ketua PDPM Kabupaten Magelang, Sapari. PCPM Grabag menjadi PCMuhammadiyah dan NKRIPM ke-17 yang dimiliki oleh PDPM Kabupaten Magelang dengan ketua pertama adalah Ahmad Rifai asal Citrosono, Grabag. Gunawan Febriyanto selaku Kabid Dakwah PDPM menyampaikan bahwa dalam melaksanakan pengajian kali ini dirinya bekerja sama dengan bidang organisasi yang diketuai oleh Anang Arfianto karena adanya pelantikan PCPM Grabag. Sementara Anang Arfianto yang memberikan sambutan atas nama PDPM memberikan motivasi kepada seluruh PCPM Grabag agar bersemangat dalam menjalankan tugas yang baru, menyesuaikan gerak langkah dengan PCPM lain yang sudah lebih dulu eksis.

Setelah rangkaian pelantikan selesai, Drs. Jumari dalam pengajian yang bertema “Bermuhammadiyah Untuk Menjaga NKRI” menyampaikan bahwa Muhammadiyah sejak mula berdiri aktif ikut serta mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga tidak mungkin melakukan tindakan yang merongrong negara, justru akan selalu menjaga NKRI. Lebih lanjut Jumari menyampaikan secara ideologis Muhammadiyah mempunyai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang tertuang dalam Khittah Perjuangan Muhammadiyah. Salah satu dari Khittah tersebut adalah Khittah Ponorogo yang memuat bahwa saluran perjuangan Muhammadiyah ada dua yaitu politik kenegaraan dan kemasyarakatan. Untuk saluran politik kenegaraan Muhammadiyah menyerahkan kepada partai politik dan Muhammadiyah fokus pada kemasyarakatan. (jap)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *