Latih Kepekaan Sosial, Siswa SD Muhammadiyah Gunungpring Rela Tinggal di Pedesaan


SURYAGEMILANGNEWS.COM, MUNTILAN – Sejak dini anak harus dilatih untuk peka terhadap kepedulian sosial di masya

rakat. Berbagai aktifitas bisa kita lakukan untuk menjalankannya. Seperti yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Gunungpring dengan programnya “GARASI” (Tiga Hari Silaturahmi). Sebanyak 142 siswa dan didampingi 10 guru program tersebut dilaksanakan di Dusun Ger Tengah, Jati, Sawangan, Magelang (26-28/9).

Siswa SD Muhammadiyah Gunungpring Belajar Bertani

Selain untuk melatih kepekaan sosial GARASI ini juga untuk melatih kemandirian siswa. Konsep yang dijalankan cukup unik, yaitu siswa tinggal bersama keluarga asuh selama tiga hari di Pedesaan.

“GARASI ini untuk melatih kemandirian dan kepedulian akan jiwa sosial, dengan cara kita titipkan kepada keluarga asuh yang ada di pedesaan,  dan siswa wajib mengikuti kegiatan di masyarakat tersebut  , Kata Kepala Sekolah Aris Harjanto, S.E.”

Kegiatan siswa antara lain beternak, bertani dan profesi lain yang ada dilingkungan masyarakat tersebut. Harapan lain Aris adalah, agar siswa bisa lebih bersyukur atas nikmat Allah Swt atas pelajaran hidup selama program tersebut berlangsung. Tidak hanya dilatih bekerja, siswa juga dilatih untuk memakmurkan Masjid setempat dan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu. (NSP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *