IMM Magelang Adakan Darul Arqam Dasar Secara Serentak


DAD KIP

Suryagemilangnews.com, Magelang – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Magelang menggelar kegiatan perkaderan Darul Arqam Dasar (DAD) secara serentak. Waktu pelaksanaan DAD serentak ini dimulai dari minggu ketiga bulan Desember dan berakhir di minggu kedua bulan Januari.

Tema yang diusung dalam kegiatan DAD serentak ini adalah Membudayakan Gerakan Intelektual Profetik dalam Ikatan”. DAD pertama dilaksanakan oleh Komisariat KIP yang sudah dilakasanakan pada tanggal (14-16/12/2018) yang lalu bertempat di SMK Muhammadiyah Dukun dengan jumlah peserta 43 orang.

Sementara itu Komisariat Ilmu Kesehatan melaksanakan DAD pada tanggal 21 – 23 Desember 2018 bertempat di SMK Muhammadiyah Bandongan dengan jumlah peserta 21 orang.

DAD merupakan kegiatan formal perkaderan yang dijadikan sebagai wadah untuk memperkenalkan IMM kepada mahasiswa yang sebelumnya tidak mengenal IMM. selain untuk memperkenalkan IMM, dalam kegiatan ini juga banyak diberikan materi-materi tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta materi-materi pendukung lain yang tidak kalah pentingnya bagi mahasiswa khususnya mahasiswa baru.

DAD ini dilaksanakan oleh 6 Komisariat yang ada dibawah naungan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Magelang. Adapun keenam Komisariat itu adalah Komisaiat Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Komisariat Ilmu Kesehatan, Komisariat Agama Islam, Komisariat Ekonomi dan yang terakhir Komisariat Hukum serta Komisariat Teknik.

Ketua Umum Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Magelang Immawan Atto’ Maulana mengatakan bahwa dengan kegiatan DAD ini diharapkan para kader dapat mewujudkan nilai – nilai yang terkandung dalam QS. Ali Imran ayat 110 yang artinya Engkau adalah umat terbaik yang diturunkan di tengah manusia untuk menegakkan kebaikan, mencegah kemungkaran (kejahatan), dan beriman kepada Allah. Dalam ayat ini terdapat tiga muatan nilai yang mencirikan ilmu sosial profetik, yaitu humanisasi, liberasi, dan transendensi.

“Humanisasi merupakan terjemahan dari amar ma’ruf yang memiliki makna menegakkan kebaikan. Tujuan dari nilai ini adalah meningkatkan potensi positif manusia yang membawa kembali pada petunjuk ilahi untuk mencapai keadaan fitrah atau dapat dikatakan memanusiakan manusia,” ujarnya.

Lebih lanjut Atto menyampaikan “Darul Arqam Dasar (DAD) merupakan perkaderan utama tingkat pertama dari tiga tingkat perkaderan, dan prasyarat bagi calon pimpinan IMM tingkat Komisariat. DAD ini program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) khususnya di tingkat Komisariat atau perguruan tinggi.” tutupnya. (Noer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *