Gunung Sumbing Terbakar Relawan ASC Evakuasi 72 Pendaki


kaliangkrik

Suryagemilangnews.com – Kaliangkrik. Kebakaran hutan terjadi di Gunung sumbing pada hari

gunung sumbing
Kebakaran Gunung Sumbing pada Senin malam, 10 September 2018

Senin, 10 September 2018. Titik api mulai terpantau pada pukul 18.00 WIB berada di wilayah Kab. Temanggung yang kemudian merembet di Wilayah Kaliangkrik Kab. Magelang terpantau tanggal 11 September 2018 pukul 06.00 WIB. Disaat bersamaan terjadinya peristiwa tersebut, terdapat kurang lebih 541 orang pendaki berada di Puncak G. Sumbing dengan rincian pendaki melalui tiga basecamp pendakian sebagai berikut :

1. Basecamp Adipuro : 74 Pendaki (74 sudah sampai di Basecamp)
2. Basecamp Mangli : 53 Pendaki ( 53 sudah sampai di Basecamp)
3. Basecamp Butuh : 414 Pendaki ( 414 sudah sampai di Basecamp )

Relawan Adi Surya Communication beserta beberapa pendaki yang berhasil dievakuasi melalui jalur pendakian Adipuro

Untuk mencegah timbulnya korban yang tidak diinginkan, berbagai pihak segera melakukan tindakan yang diperlukan. Berdasarkan informasi dari Basecamp Pendakian Prampelan Adi Surya Communication (ASC) telah mengirimkan 1 Tim ( 5 orang) untuk membantu evakuasi / menyelamatkan para pendaki sejak Senin malam. Kemudian pada tanggal 11 September 2018 tim gabungan dari Perhutani, BPBD,TNI, POLRI, Satpol PP & Damkar, PMI, Basecamp Pendakian dan Relawan Gabungan melakukan evakuasi. Berdasarkan pendataan jumlah pendaki pukul 17.45 WIB, sebanyak 541 orang pendaki berhasil di evakuasi dengan selamat dan berada di basecamp terdekat. Sementara itu sampai tadi malam, pemadaman titik api belum bisa dilakukan sehingga diperkirakan hutan yang terbakar sudah mencapai luas ±5-10 Hektar dari 150 Hektar yang berada di Petak 2 Wilayah Magelang.

kaliangkrik magelang
Relawan ASC beri pertolongan pertama pada pendaki yang berhasil di evakuasi lewat jalur Adipuro

Adi Surya Communication adalah komunitas relawan yang tergabung di jalur komunikasi radio amatir di frequensi 149.720 Mhz yang bermarkas induk di Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Komunitas relawan ini dibentuk dengan latar belakang sering terjadinya kebakaran hutan di kawasan Gunung Sumbing dan juga tanah longsor. Adanya komunitas relawan ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar berbagai pihak utamanya di lereng Gunung Sumbing dan pihak-pihak luar sehingga jika terjadi situasi darurat, maka mudah melaksanakan koordinasi. (jap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *