BPBD Kabupaten Magelang: Saat Bencana MDMC Selalu Datang Awal dan Pulang Terakhir


SURYAGEMILANGNEWS.COM, Magelang- MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) kabupaten Magelang gelar Apel siaga dan penyusunan program kerja 2018 di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Muntilan (9/2/2018). Acara yang dihadiri sekitar 100 orang itu, merumuskan program kerja MDMC tahun 2018 agar pelaksanaan lebih terarah dan memprioritaskan program yang penting.

Ketua LPB/MDMC Asroni dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua pihak khususnya pihak RSA dan BPBD Kab. Magelang atas kerjasama yang terjalin sehingga kegiatan MDMC dapat seiring sejalan dalam menjalankan misi kemanusiaan. Asroni menambahkan, selain apel acara akan dilanjutkan dengan rakor penyususnan program kerja MDMC tahun 2018 sebagai tindak lanjut dari raker 1 yang dilaksanakan tgl 21 des 2016.

Peserta adalah  anggota MDMC dari unsur potensi SAR, medis, psikososial, komunikasi, kokam. Hadir juga pada acara tersebut Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang yang diwakili Sulaiman Efendi, M.Ag selaku ketua yang membidangi LPB, direktur RSA dr. Moch. Wasaan, Sp.S, (K) QIA dan Kasi kedaruratan BPBD Didik Wahyu, S.T.

Dalam sambutannya Sulaiman mengapresiasi MDMC atas kiprahnya membantu PDM dalam kegiatan kemanusiaan. Dalam referensinya MDMC adalah salah satu lembaga yang paling aktif. Sulaiman menyampaikan terimakasih kepada RSA atas dukungan dan bantuan selama ini kepada MDMC.

Apresiasipun disampaikan oleh Didik Wahyu, ST wakil BPBD yang menilai MDMC selalu hadir awal dan selalu siap dilokasi bencana. “Dalam keadaan bencana MDMC selalu siap di lokasi diawal dan pulang yag terakhir. Seperti saat bencana d Grabag saat ada info bencana MDMC di dikomanndoi Margono bisa langsung bergerak dan membuat pos koordinasi, kata Didik saat sambutan.” Saat tanggap darurat selesai MDMC tidak terus menarik diri, namun menyiapkan program rehabilitasi dan rekonstruksi, ujarnya kembali.

Didik juga menambahkan, MDMC adalah organisasi yang tertata baik, mereka mempunyai program dari pra bencana sampai pasca bencana.  Bidang yang dimiliki MDMC dari potensi SAR, psikososial, dan medis, juga terlatih dengan baik.(NSP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *