Pengembangan Jiwa Edutourism Melalui Pembelajaran Prakarya di SMP Muhammadiyah Borobudur


S‌URYAGEMILANGNEWS.COM, Borobudur(25/9). Keberadaan SMP Muhammadiyah Borobudur yang berada di Kawasan Wisata Candi Borobudur mengharuskan adanya pendidikan terkait dengan kepariwisataan. Tentunya, Pariwisata yang dimasksud adalah pariwisata berbasis potensi lokal dan sesuai dengan jiwa ajaran Islam. Oleh karena itu, sekolah yang dikepalai oleh H. Ahmad Sudjati tersebut, membekali peserta didik kelas VII dengan prakarya kerajianan dari tanah liat.

Pembelajaran ini diampu langsung oleh Pengrajin dari sanggar “ARUM ART” dari dusun Banjaran I Karanganyar Borobudur. Sanggar yang dipilih terbilang istimewa, karena sanggar itu milik seorang aktivis Muhammadiyah di Ranting Karanganyar. Ibu Anisah,S.Pd selaku guru prakarya menuturkan bahwa kegiatan ini ditujukan agar peserta didik yang notabene tinggal di dekat wilayah wisata bisa tumbuh jiwa berwirausaha terutama dalam bidang pariwisata yang memanfaatkan potensi lokal.

Sedangkan bapak Supoyo, selaku pemilik sanggar menambahkan bahwa dia merasa bahagia kalau sekolah-sekolah Muhammadiyah di Wilayah Kecamatan Borobudur mau mengembangkan pariwisata di Borobudur. Karena selama ini, peran serta warga Muhammadiyah dalam bidang pariwisata masih kurang. Padahal, lewat pariwisata di wilayah Borobudur, dapat dijadikan ladang dakwah sekaligus pengembangan ekonomi warga masyarakat. (PI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *