Muhammadiyah Magelang Gelar Pelantikan 19 Kepala Sekolah


muhammadiyah magelang

Suryagemilangnews.com, Mungkid. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang gelar pelantikan 19 kepala sekolah SD/MI, SMP/MTs dan SMA/K Muhammadiyah di Kabupaten Magelang di Aula PDM, Sabtu 30 November 2019. Pelantikan dibagi dua sesi, untuk tingkat SD – SMP dilantik oleh PDM Kabupaten Magelang yaitu Drs. Jumari dan dilaksanakan terlebih dulu, sedangkan pelantikan kepala SMA/K dilaksanakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, yaitu oleh Wakil Ketua PWM Drs. Musman Thalib, M.Ag.

Pelantikan dibagi menjadi dua sesi tersebut karena menyesuaikan dengan hierarki koordinasi sekolah-sekolah Muhammadiyah. Untuk jenjang SD-SMP Muhammadiyah berada dibawah koordinasi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM, sedangkan jenjang SMA/K Muhammadiyah dibawah koordinasi Majelis Dikdasmen PWM.

Pelantikan kepala sekolah kali ini juga terasa istimewa karena jumlah yang dilantik cukup banyak, 19 orang kepala sekolah dengan rincian 10 kepala MI, 2 kepala SD, 1 kepala MTs, 2 kepala SMP, 1 kepala SMA dan 3 kepala SMK. Ada kepala sekolah yang baru, ada kepala sekolah yang melanjutkan untuk periode kedua.  Adapun rincian daftar nama kepala sekolah yang dilantik adalah sebagai berikut :

  1. Eddy Yusuf, S.Pd., Kepala SMA Muhammadiyah 1 Muntilan
  2. Dra. Hj. Nida Ul Hasanah, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Borobudur
  3. Drs. H. Sularta, M.Pd., Kepala SMK Muhammadiyah 2 Salam
  1. Ariyanto, S. Kom., Kepala SMK Muhammadiyah Bandongan
  2. Erni Widiastuti, S.Pd., Kepala MTs Muhammadiyah 2 Dukun
  3. Sidik Wahdani, S.S., Kepala SMP Muhammadiyah Kaliangkrik
  4. Rahayu Purwanti, S.Pd., Kepala SMP Muhammadiyah Payaman
  5. Nurhandayani Ningsih, S.PdI., Kepala MI Muhammadiyah Kaweron
  6. Eti Tri Kurniawati, S.PdI., Kepala MI Muhammadiyah Sawangan
  7. Titik Murniatiningsih, S.PdI., Kepala MI Muhammadiyah 1 Surodadi
  8. Chusnul Chotimah, S.Si., Kepala MI Muhammadiyah Tirtosari
  9. Muslimin, S.Pd., Kepala MI Muhammadiyah 3 Surodadi
  10. Roifah, S.PdI., Kepala MI Muhammadiyah Kelibening
  11. Siti Mutmainah, S.PdI., Kepala MI Muhammadiyah Pagersari
  12. Siti Uswatul Khasanah, S.PdI., Kepala MI Muhammadiyah Madukoro
  13. Siti Sakdiyah, S.PdI.,Kepala MI Muhammadiyah Rejosari
  14. Mutmainah, S.PdI., kepala MI Muhammadiyah 2 Bumirejo
  15. Ely Budi Prawesti, S.Pd., Kepala SD Muhammadiyah Menoreh
  16. Fathoni, S.Si., Kepala SD Muhammadiyah Integratif Dukun

Dalam sambutannya Jumari mengatakan bahwa tugas penting seorang kepala sekolah Muhammadiyah adalah memastikan bahwa guru karyawan Muhammadiyah itu selama mengabdi bertambah pemahaman dan pengamalan Islamnya. “Bertambahnya pemahaman dan pengamalan Islam tersebut meliputi empat aspek dalam Agama Islam yang tidak bisa dipisahkan yaitu satu aspek aqidah, dua akhlaq, tiga ibadah, empat muamalah duniawiyah,” katanya.

Sementara Musman Thalib dalam tausiyahnya menyampaikan 4 kompetensi yang menjadi kelebihan Muhammadiyah yaitu kompetensi agama, akademik, sosial kemanusiaan dan berorganisasi. “Di Muhammadiyah sudah berjalan, sehingga setiap ada bencana alam dimanapun juga, Muhammadiyah selalu tampil,” katanya.

Musman Thalib juga mengatakan bahwa dalam pendidikan tidak bisa lepas dari tiga hal antara kognitif, afektif dan psikomotorik. “Maka perlu sekali ada kompetensi, komitmen dan konsisten,” lanjutnya. Pelantikan ditutup dengan ramah tamah para kepala sekolah yang dilantik dengan para pejabat yang hadir. (sapari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *