MDMC Kabupaten Magelang Juara 2 Jambore Nasional Relawan


Suryagemilangnews.com, Mungkid- Muhammadiyah Disaster Management Canter (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Kabupaten Magelang mendapatkan juara 2 kategori lomba cerdas cermat “cerdas tanggap” dalam Kegiatan Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah pada 30 November – 03 Desember 2017 bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang. Demikian disampaikan Sekretaris MDMC Kabupaten Magelang Anang Arfianto, SE ketika ditemui usai rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan jambore pada Senin 04/12/2017 di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jalan Magelang – Jogja Km 11 Mungkid. Jumlah relawan yang mewakili Kabupaten Magelang ada 18 (delapan belas). Untuk kategori lomba tim medis kontingen MDMC Kabupaten Magelang juga mendapatkan juara 2.

Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah diikuti oleh perwakilan MDMC / LPB Muhammadiyah provinsi dan kabupaten/ kota Se Indonesia. Tujuannya antara lain untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para relawan dalam penanggulangan dan mitigasi bencana. Kemudian juga sarana bertukar informasi dan pengalaman melalui konsolidasi diantara relawan dari berbagai daerah.

Anang Arfianto menambahkan agenda jambore yang diikuti oleh para peserta meliputi seminar nasional kebencanaan, pameran lomba foto, gladi penanggulangan bencana, dan kelas penanggulangan resiko bencana. Selain itu, ada uji kompetensi relawan meliputi Search and Rescue (SAR) medis, cerdas cermat dan psikososial.

“Keikutsertaan MDMC Kabupaten Magelang dalam Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah di Malang Jawa Timur kali ini adalah yang kedua setelah pelaksanaan jambore sebelumnya di Bantul Yogyakarta, dengan mengikuti jambore diharapkan pengalaman bertambah dan kemampuan para relawan menjadi lebih baik” katanya.
(han- 81)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *