Abdul Mu’ti : Hijrah Untuk Indonesia Kuat dan Maju


SURYAGEMILANGNEWS.COM, Muntilan – Silatutahim keluarga Besar Muhammadiyah (SKBM) Cabang Muntilan ke-8 kembali di gelar (1/9/2019). Hadir sebagai pemateri adalah Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed. SKBM kali ini bertempat di Lapangan Randukuning, Desa Gondosuli, Muntilan dan dihadiri ribuan orang.

SKBM dilaksanakan berteapatan dengan 1 Muharram 1441 dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam materinya, Abdul Mu’ti menyatakan perayaan Tahun Baru Islam secara spiritual perlu dijadikan momentum untuk melakukan hijrah. Makna dari hijrah adalah berpindah dari yang belum baik menjadi baik, berhijrah untuk meninggalkan perbuatan  dosa dan tercela yang dilarang Allah.

Dalam perjalanan sejarah, ketika Nabi Muhammad membangun Kota Madinah waktu itu, semua kelompok yang ada tetap diakui sebagai warga masyarakat apapun agama, suku serta asal usulnya, dan semua kelompok yang ada diakui dan saling menguatkan. Kebijakan dan perlakuan terhadap kelompok masyarakat pendatang dan warga asli tidak dibedakan.

Piagam Madinah yang waktu itu dibuat sebagai sebuah aturan dan landasan dalam membangun dan mengelola kehidupan masyarakat benar – benar mampu menumbuhkan spirit persatuan diantara warga masyarakat di Madinah. Spirit persatuan yang akhirnya dapat mewujudkan kebersamaan.

“Agar Indonesia menjadi kuat dan maju maka seluruh pemimpin dan masyarakatnya perlu senantiasa memiliki komitmen untuk melakukan hijrah menuju kebaikan serta menumbuhkan spirit persatuan dan kebersamaan diantara sesama” tambahnya.

Selain pengajian agenda SKBM adalah penandatanganan Prasasti Pembangunan MTs Muhammadiyah 2 Muntilan dan peresmian kerjasama PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom)  dengan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan dalam bentuk program implementasi kelas Telkom. Kemudian juga penyampaian beasiswa pendidikan oleh Kantor Layanan Lazismu Muntilan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari, Rektor UM Magelang Eko Muh Widodo, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Muntilan Suratin Rahmat, Forkopimcam Muntilan, MWC NU Muntilan dan juga Kepala Desa Gondosuli.

(MPI PDM Kabupaten Magelang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *