Berpuasa Berdampak Positif Bagi Kesehatan


Suryagemilangnews.com, Mungkid – Aktifitas keseharian selama berpuasa berdampak positif bagi kesehatan tubuh manusia yang menjalaninya. Kerja organ pencernaan menjadi lebih teratur karena adanya pola makan yang baik. Nabi Muhammad SAW memberikan contoh kebiasaan positif dalam hidup, salah satunya adalah dengan melaksanakan aktifitas puasa. Dengan puasa maka manusia akan terbiasa dengan rutinitas pola makan yang sehat yakni makan ketika memang merasakan lapar. Demikian disampaikan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman pada Pengajian Ramadhan 1440 Hijriyah yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah(PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang pada Ahad 12 Mei 2019 bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jalan Magelang – Jogja Km 11 Mungkid.

Beberapa kebiasaan positif lainnya yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW antara lain Bangun Pagi dan juga menahan marah. Kebiasaan bangun pagi akan menghindarkan resiko munculnya penyakit jantung. Hal itu disebabkan karena pada waktu pagi khususnya sebelum waktu subuh, udara belum tersentuh dengan polusi, dan waktu ini merupakan suatu momentum yang sangat baik bagi paru-paru untuk menghirup udara segar dan murni yang dilanjutkan dengan shalat subuh serta olahraga ketika berjalan hendak melakukan shalat subuh berjamaah ke masjid.

Kemudian kemampuan menahan marah juga sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia, karena kesehatan fisik manusia juga sangat dipengaruhi oleh tingkat emosinya. Ketika sering marah, maka otot – otot akan menjadi tegang sertasaluran pembulu darah menyempit, bahkan terjadi perubahan bahan kimia pada otak. Perubahan-perubahan tersebut hanya akan menjadi racun dalam tubuh dan mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Kebiasaan marah juga akan merusak relasi hubungan sosial yang akhirnya menimbulkan tekanan psikologis.
Oleh karenanya difinisi kesehatan menurut undang-undang kesehatan adalah sebuah kondisi manusia meliputi kondisi bahagia secara fisik, spiritual, mental dan juga memiliki peran sosial.

Dalam pengajian yang bertema Kesehatan dalam Islam tersebut, Agus Taufiqurrahman menambahkan bahwa Persyarikatan Muhammadiyah akan selalu komitmen dan konsisten dalam memberikan pelayanan kesehatan sebagai bagian dari metode dakwah. Muhammadiyah akan selalu menghadirkan Islam yang rahmat bagi semuanya rahmatan lil alamin, salah satunya dengan menghadirkan pelayanan kesehatan bagi seluruh umat dan masyarakat melalui berbagai amal usaha kesehatan yang ada seperti rumah sakit, klinik maupun balai pengobatan lainnya.

Hadir Dalam kegiatan tersebut Ketua PD Muhammadiyah Jumari dan segenap anggota pimpinan lainnya. Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Se- Kabupaten Magelang, Pimpinan Majelis/ Lembaga PDM, Organisasi Otonom  dan jama’ah Muhammadiyah.

(MPI PDM Kab. Magelang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *