Aisyiyah Jawa Tengah Adakan Jambore Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana


SURYAGEMILANGNEWS.COM, Karanganyar – . Mulai hari ini Jum’at sampai dengan Minggu (5-7 Juli 2019) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah melalui Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Aisyiyah akan melaksanakan Jambore Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana di Bumi Perkemahan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jambore yang bertema “Optimalisasi peran perempuan dalam pengelolaanlingkungan hidup untuk Jawa Tengah tangguhbencana” akan diikuti420orangpesertadari35 (tigapuluhlima) Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari LLHPB,  Majelis Kesejahteraan Sosial dan Lembaga Kebudayaan Aisyiyah serta organisasi otonom Angkatan Muda Muhammadiyah.

Lilik Tri Prihantini, ketua panitia jambore menyampaikan bahwa kegiatan  ini bertujuan untukmeningkatkanpemahaman tentang pentingnya peran perempuandalampengelolaanlingkunganhidupdanpenguranganrisikobencana. Khususnya bagianggotaaktif‘Aisyiyah,MajelisdanLembaga‘Aisyiyah,Lembaga Penanggulangan BencanaMuhammadiyah,sertaOrganisasiOtonom Muhammadiyahlainnya.

“Terutama saatbencana, kaumibulahyangpalingrentan terkenadampak karenaselainharusmenyelamatkandirinyasendiri,seorangibu harusberpikirakankeselamatananak-anakdananggotakeluargalainnya.Dampaknegatifketika terjadibencana, diharapkandapatditekan melaluipeningkatanperanperempuan,” katanya.

“Kami prihatin dengan realitas tersebut, nasib para perempuan yang menjadi korban bencana tak jarang memprihatinkan dan beban hidup yang ditanggung juga tambah berat, oleh karena itu sebisa mungkin kami berkontribusi membekali mereka dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola lingkungan hidup serta menghadapi bencana” lanjutnya.

Berbagai kegiatan akan digelar dalam jambore ini antara lain sarasehan, workshop, perlombaan, simulasi, outbond dan tadabbur alam. Dari berbagai kegiatan tersebut diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk menemukan dan mengenali permasalahan lingkungan hidup di sekitarnya, mengenali risiko bencana di sekitarnya dan menyusun sertamenyepakati rencana pengelolaan  lingkungan hidup  dan  pengurangan  risiko bencana di komunitasnya.

Aisyiyah selama ini menjadi mitra strategis bagi Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan untuk mengampanyekan upaya-upaya pelestarian lingkungan yang  mengurangi  risiko  bencana,  antara  lain  seperti  diet  kantong  plastik,  pengelolaan  sampah,  maupun penanaman pohon dan juga mitraBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menyukseskan tema yang  diusung  pada  pagelaran  Hari  Kesiapsiagaan  Bencana  (HKB)  26 April  2019 “Srikandi  Tangguh  Bencana”.(sapari-media mdmc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *