Segera Online-kan Lembaga Atau Bisnis Anda!


Suryagemilangnews.com. Sebuah lembaga/organisasi atau bahkan bisnis di zaman digital sekarang ini mempunyai banyak kemudahan untuk melakukan promosi atau sosialisasi kepada masyarakat. Ini terjadi karena kemajuan iptek membuat milyaran manusia di atas muka bumi ini dapat terkoneksi satu sama lain lewat jaringan internet.

Jumlah Pengguna Internet dan Media Sosial

Terhubungnya milyaran manusia di atas bumi ini melalui internet dan juga media sosial dalam tahun-tahun terakhir ini mengalami perkembangan luar biasa dari sisi kuantitasnya. Lebih lengkapnya bacalah fakta-fakta dibawah ini :

  1. Dari 7, 636 milyar manusia jumlah penduduk dunia 4,119 milyar diantaranya sudah mengakses internet. Dari jumlah itu sebanyak 5,089 milyar adalah pengguna handphone dan 3,356 milyar manusia menjadi pengguna aktif media sosial dengan berbagai macam jenisnya. (data global sampai bulan Juli 2018)

    media sosial adalah
    Data pengguna internet dan medsos di Indonesia per Januari 2018 (wearesocial.com)
  2. Penduduk Indonesia sampai 265,4 juta jiwa, pengguna internetnya berjumlah 132,7 juta jiwa dengan pengguna handphone mencapai 177,9 juta jiwa. Pengguna media sosial 130 juta jiwa dengan 120 juta jiwa diantaranya adalah pengguna aktif media sosial mobile (di handphone). (data untuk Indonesia sampai bulan Januari 2018)
  3. Untuk data akses internet dan media sosial di Indonesia, berapa waktu yang dihabiskan oleh orang Indonesia untuk berinteraksi dengan keduanya? Berikut faktanya : orang Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 8 jam 52 menit untuk mengakses internet dan sebanyak 3 jam 24 menit-nya untuk mengakses media sosial
  4. Sementara untuk bisnis, dari tahun ke tahun penggunaan plaftorm bisnis berbasis internet (ecommerce) mengalami kenaikan signifikan. Artinya transaksi jual beli lewat ecommerce tersebut semakin menjadi trend. Simak fakta-fakta berikut ini :
  • Dari data nomor satu, 83% pengguna memanfaatkan internet untuk mencari dan membeli produk/jasa
  • Sejumlah 92% mengunjungi toko online di web dan 72% memutuskan untuk membeli produk barang/jasa melalui online.

Semua data tersebut dapat anda akses melalui situs www.wearesocial.com

Online-kan Lembaga/Bisnis Anda

Dari data-data di atas maka membuat lembaga/organisasi dan bisnis dapat eksis di internet menjadi sangat penting saat ini agar dapat diakses banyak orang karena kecenderungan manusia di era digital terkoneksi melalui internet serta media sosial ketimbang interaksi langsung. Tidak mau memanfaatkan internet atau media sosial merupakan sebuah langkah mundur yang justru akan mematikan atau minimal mengisolasi lembaga dan bisnis anda.

Mengonlinekan lembaga/bisnis anda, membuat nama/aktifitas lembaga/bisnis anda mudah ditemukan di pencarian internet lewat search engine. Biasanya ketika orang ingin tahu tentang lembaga/bisnis anda, mereka akan melakukan googling atau memanfaatkan mesin pencari untuk mencari nama lembaga/bisnis anda. Jika lembaga/bisnis anda sudah banyak dionlinekan baik profil ataupun aktifitasnya, maka makin mudah orang menemukan di hasil pencarian lewat search engine.

Bagaimana cara untuk mengonlinekan lembaga/bisnis anda? Ada beberapa cara yaitu mempunyai website sendiri, memanfaatkan situs berita/situs milik orang lain dan media sosial. Untuk mempunyai web sendiri anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk membeli domain atau sewa hosting karena menggunakan cara gratisan tidak menunjukkan kredibilitas lembaga/bisnis anda.

Biasanya situs milik lembaga/organisasi yang hanya memuat profil, struktur organisasi, kegiatan dan sejenisnya seperti situs milik sekolah, perusahaan swasta menengah/kecil update informasinya mandek disebabkan berbagai kendala internal. Kendala utama biasanya malas untuk update atau merasa kekurangan informasi yang akan dibagikan.

Cara yang kedua adalah memanfaatkan situs berita/situs milik orang lain. Cara ini adalah dengan meminta untuk memuat/mengirimkan informasi berupa profile dan berita aktifitas yang dijalankan lembaga/bisnis. Cara kedua ini lebih efisien karena tidak perlu memiliki website sendiri dan anda bisa memilih mana informasi yang penting saja yang bisa dibagikan ke masyarakat. Semakin banyak informasi tentang profil atau kegiatan lembaga/bisnis anda online-kan, semakin mudah orang menemukannya di internet, dengan demikian kredibilitas lembaga/bisnis anda akan terdongkrak naik.

Cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan media sosial dengan berbagai jenisnya. Di Indonesia, biasanya lembaga/bisnis akan menggunakan media sosial berupa Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube sebagai media sosial penghubung lembaga/bisnis dengan masyarakat/konsumennya karena keempat jenis media sosial tersebut populer di Indonesia.  Ada yang menggunakan semuanya, ada yang menggunakan sebagian saja menurut kebutuhan mereka. Yang jelas melihat data-data di atas karena jangkauannya media sosial dapat menjadi alat efektif mengenalkan lembaga/bisnis kita kepada masyarakat.

Penulis : Sapari, penggiat media digital.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *