Penegakan Hukum Syarat Menuju Negara Sejahtera


SURYAGEMILANGNEWS.COM, Mungkid– Pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait penegakan hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu ditingkatkan. Ketika semua pihak sudah memiliki pemahaman dan kesadaran terkait  supremasi hukum maka kepatuhan dan ketaatan terhadap hukum menjadi budaya hidup di  masyarakat. Demikian disampaikan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah Naya Amin Zaini, SH, MH pada seminar dengan tema Peran Politik Kebangsaan Pemuda Dalam Mengawal Penegakan Hukum di Aula Kantor Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jalan Magelang – Yogyakarta Km 11 Mungkid pada Sabtu 29/10/2016.

Dalam seminar yang diselenggarakan oleh Bidang Hikmah dan Partisipasi Pembangunan PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Naya Amin Zaini mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan kuat ketika hukum benar-benar mampu ditegakkan. Undang – Undang Dasar 1945 sebagai produk hukum yang telah disepakati bersama telah mengatur bahwa kekayaan sumber daya alam yang dimiliki perlu dimanfaatkan sebesar – besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. “ Ketika hukum ditegakkan maka segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan akan ditindak, termasuk dalam hal korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan dalam mengatur distribusi hasil dari sumber daya alam”  katanya. Ketika kekayaan dari hasil sumber daya alam mampu didistribusikan secara adil dan merata maka kesejahteraan akan mampu terwujud di negara ini.

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang Sapari, S.PdI menambahkan bahwa setiap generasi muda jangan benci dan anti terhadap politik, melalui mekanisme politik setiap kebijakan di negara ini dirumuskan dan diputuskan. “Politik tidak bisa dihindari dalam kehidupan, yang penting dilakukan adalah pemuda perlu membekali dirinya dengan pemahaman dan pengetahuan politik yang baik, sehingga nantinya akan mampu menjadi pelopor dan memberikan ketauladanan dalam mewujudkan kehidupan politik yang menjunjung tinggi etika dan moral” katanya.

Kegiatan seminar yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dihadiri oleh Wakil Ketua PD Muhammadiyah Abdul Malik, Pimpinan Organisasi Otonom (ortom) Muhammadiyah, Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan perwakilan siswa SMA- SMK- MA Se Kabupaten Magelang. (hsn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *