Ini Dia Novi Haryanti Staf UMP Jadi Duta Bahasa Negara


Novi Haryanti, S.Pd, M.Pd  (27) staf  Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto (KUI UMP) dinobatkan sebagai Duta Bahasa Negara.

Novi mendapat penghargaan dari Badan Bahasa Nasional (BBN) sebagai Duta Bahasa Negara setelah jasanya mengajarkan Bahasa Indonesia di luar negeri.

Acara ini dilaksanakan di Bogor selama 5 hari sejak 17-21 November 2017. Mereka diundang ke Bogor sekaligus mendapat Bimbingan Teknis dari BBN untuk pengembangan BIPA di institusi masing-masing.

“BIPA UMP telah dipercaya banyak perusahaan asing di sekitar Purbalingga untuk memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi mereka. Selain itu, mahasiswa asing dari beberapa negara yang belajar di UMP juga rutin mengikuti kelas untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan orang Indonesia,” katanya Novi saat ditemui di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Rabu (22/11/2017).

Dari 220 pengajar yang pernah diluar negeri, Novi merupakan 1 dari 37 yang mendapat penghargaan hasil rekomendasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di seluruh dunia yang pernah dijadikan negara pengajar BIPA untuk mengabdi.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan ini karena banyak sekali yang saya dapat untuk terus mengembangkan BIPA UMP,” katanya.

Novi Haryanti yang juga Koordinator Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) UMP mengatakan, seiring dengan banyaknya kegiatan dan mahasiswa asing yang terlibat di UMP, menjadikan pembelajaran BIPA terus berkembang dengan pesat. “Dengan penghargaan ini saya berharap kedepannya dapat lebih dipercaya lagi dalam membina BIPA UMP,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Urusan International Shanty Hawanti, Ph. D selain bangga juga memberikan apresiasi atas keberhasilan itu,  Shanty menilai banyak pencapaian yang telah ditoreh BIPA UMP. “Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik dalam sejarah BIPA UMP sejak awal di dirikan, semoga dapat menjadi langkah awal untuk mendapat pencapaian yang lain dan tidak kalah hebatnya,” pungkasnya.(uly/tgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *