MPK PDM Kabupaten Magelang Gelar Baitul Arqom Untuk Para Guru Muhammadiyah

Muhammadiyah Magelang

Baitul Arqom ke-23 Majelis Pendidikan Kader PDM Kabupaten Magelang, 18-20 Maret 2022 di Aula Kantor PDM.

Suryagemilangnews.com, Mungkid. Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang menyelenggarakan Baitul Arqom (BA) bagi para guru sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Magelang.

Baitul Arqom kali ini adalah yang ke-23 diselenggarakan oleh MPK PDM Kabupaten Magelang dan diselenggarakan di aula Kantor PDM Kabupaten Magelang dari 18-20 Maret 2022.

Sularto, Ketua MPK PDM Kabupaten Magelang dalam keterangannya mengatakan tujuan dari BA ini adalah untuk menguatkan ideologi Islam dan kemuhammadiyahan bagi guru-guru Muhammadiyah.

“Kemudian mensinergikan antara guru dengan persyarikatan Muhammadiyah dalam menyiapkan kader-kader masa depan dan membekali para guru agar ibadahnya sesuai dengan putusan Tarjih Muhammadiyah,” katanya.

Menurut Sularto ada 9 materi yang diberikan kepada para guru peserta BA kali ini. Dikatakannya materi-materi yang utama yaitu Tuntunan Ibadah Sesuai Putusan Tarjih Muhammadiyah, Pemahaman Islam Menurut Muhammadiyah, Hirarki dan Tata Urutan Dalam Persyarikatan Muhammadiyah, Profil dan Tokoh Kader  Muhammadiyah.

“Ada juga materi Menjadi Guru Muhammadiyah yang profesional, Gerakan dan Dakwah Jamaah, Fathul Qulub,  Refleksi, Pre test dan Post Test,” imbuh Sularto.

BA kali ini diikuti oleh 54 peserta utusan dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK Muhammadiyah di Kabupaten Magelang. Peserta dari tingkat SD/MI berasal dari MI Al Islam Prampelan Kaliangkrik, SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan dan MI Muhammadiyah Meduro Mungkid.

Tingkat SMP/MTs berasal dari SMP Muhammadiyah Blondo Mungkid, SMP Muhammadiyah Mungkid, SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan, SMP Muhammadiyah 1 Muntilan dan SMP Muhammadiyah Kaliabu Salaman.

Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK berasal dari SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring Muntilan, SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, SMK Muhammadiyah Mungkid, SMK Muhammadiyah Sawangan, SMK Muhammadiyah 2 Salam, SMK Muhammadiyah Salaman SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Borobudur, SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Mertoyudan. (sap)

Exit mobile version